Tutorial Modeling "Bantal Sofa" [Basic]

15 Apr 2013 0 komentar
(You can choose the English language at the bottom of the blog)

untuk mengawali tutorial, kali ini kita akan membuat "bantal sofa"
terserah mau memulai dari "Rectangle" kemudian Extrude/ Plane/ Box
untuk saat ini kita pilih Box untuk memulainya (dalam centimeter)

1. Buat Box dengan ukuran L= 40, W=40, H=10 
kemudian convert to Editable Poly
(klik gambar untuk pembesaran)
2. pilih "Edge" seperti pada gambar
3. "Connect" dengan jumlah segment 3
4. Pilih "Edge" seperti pada gambar
kemudian "Connect" (dengan jumlah segment 3)
5. Pilih "Edge" seperti pada gambar
kemudian "Connect" (dengan jumlah segment 3)
6. Pilih "Vertex", kemudian pilih "Select and Uniform Scale"/ tekan "R"
pada Gismo Y" dorong kedalam sesuai selera
7. Pilih "Vertex" seperti pada gambar
8. Tampilkan view dari atas/ tekan "T"
kemudian pada "Gismo Y" dorong ke dalam
9. Pilih "Vertex" seperti pada gambar, "Gismo Y" dorong ke dalam
10. dan hasilnya seperti dibawah ini
11. Pilih "Vertex" seperti pada gambar
tarik keluar, bagian tengah sisi luar antara "Gismo Y & X "
atau tarik vertex dengan menggunakan "select and move"/ tekan "W"
12. Pilih "Vertex" seperti pada gambar
tarik keluar, bagian tengah sisi luar antara "Gismo Y & X "
atau tarik vertex dengan menggunakan "select and move"/ tekan "W"
13. dan hasilnya seperti dibawah ini
14. pilih "Edge" seperti pada gambar
15. pilih "Chamfer" (disini dengan chamfer amount 0,2)
tujuannya untuk mengunci ujung objek agar tidak terlalu melengkung
semakin besar "chamfer amount"nya, semakin melengkung ujung objeknya
16. Pilih "Vertex" seperti pada gambar, kemudian dorong ke dalam
(sesuai selera)
17. yang terakhir centang "use NURMS subdivision"
dan ubah "Display Iterations" menjadi 2
18. lihat hasilnya
kreasikan sesuai selera, misalnya seperti dibawah ini
dan hasilnya

sekian tutorial cara membuat "bantal sofa" sederhana
semoga bermanfaat, terus berkarya dan tetap semangat :D

0 komentar: