(Persiapan) Manajemen File 3ds Max

23 Mar 2013 2 komentar
(You can choose the English language at the bottom of the blog)

Sebelum kita mulai mendesain & bicara lebih jauh tentang 3D, pertama kali yang perlu kita lakukan adalah membuat manajemen file/ manajemen folder. Mengapa? Manajemen file sangat penting khususnya untuk mapping/ texturing/ dan yang lain sebagainya. mungkin banyak juga para pemula desainer/ 3D artis yang menyepelakan hal ini pada awalnya, akhirnya ketika akan meng-copy file 3dsmax ke folder lain/ mungkin mengganti nama folder banyak file-file yang tidak sinkron/ tidak match. Intinya agar kedepannya lebih mudah & lebih rapi.

yang harus kita lakukan adalah:
1. Copy folder "3dsmax" yg ada di partisi instaler (my document)
2. Letakkan terserah di partisi mana yang kita inginkan

spoiler1:
3. Pada waktu buka file 3dsmax, pilih menu > file > set project folder
 
spoiler2:
4. pilih folder 3dsmax yang telah dibuat di partisi yang kita pilih tadi (misalnya di E:\)

Jadi misal anda browse texture atau images selalu terarahkan ke E:\3dsmax\sceneassets\images. Silahkan masukkan semua data library anda ke subfolder-subfolder yang telah dibuat di dalam folder 3dsmax yang ada di E:\ tadi, sesuai  dengan nama subfoldernya. Sehingga penamaan subfolder dan management file kita akan match dengan defaultnya max.

semoga bermanfaat & selamat berkarya :D

2 komentar:

  • Anonim mengatakan...

    pake script aja gan..
    folder git+relink bitmap lumayan mempermudah produksi..